• Latest News

    Daun Torbangun, Cara Tingkatkan Produksi Air Susu Ibu (ASI) Tradisi Masyarakat Batak

    Daun katuk merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI). Namun, ada tanaman alternatif lainnya yang juga memiliki khasiat yang sama, yakni tanaman Torbangun.

    Pendapat tersebut disampaikan staf pengajar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) Rizal Damanik saat memaparkan hasil penelitiannya. Rizal menyebut, Torbangun adalah sebutan lokal di kalangan masyarakat Batak untuk tanaman yang dalam bahasa latin disebut Coleus Amboinicus Lour.

    Dia menjelaskan, di alam terdapat sekira 200 spesies tanaman Coleus. Tanaman ini termasuk jenis tanaman perdu (semak belukar) yang dapat dijumpai di berbagai kawasan tropis baik di Benua Asia, Australia, Afrika, maupun Amerika.

    Dalam penelitiannya, Rizal membandingkan antara ibu menyusui yang mengonsumsi tanaman Torbangun dengan ibu yang mengkonsumsi suplemen produksi ASI yang umumnya dipakai oleh masyarakat perkotaan. "Hasilnya membuktikan ibu yang mengonsumsi tanaman Torbangun produksi ASI-nya lebih banyak dibanding dengan ibu yang mengkonsumsi suplemen," urai Rizal,

    Tidak hanya itu, mengonsumsi tanaman Torbangun oleh ibu menyusui itu ternyata merupakan tradisi masyarakat Batak, Sumatera Utara. Sejak hari pertama melahirkan hingga 30 hari setelahnya, para ibu baru itu secara kontinyu mengonsumsi tanaman Torbangun.

    "Pemanfaatan Torbangun sebagai laktagogum (menstimulasi produksi ASI) sebagaimana yang dilakukan oleh orang Batak ini merupakan tradisi satu-satunya di dunia. Tidak ada suku bangsa lain di dunia ini yang memanfaatkan Torbangun dengan tujuan laktagogum," tuturnya.

    Rizal menambahkan, mengonsumsi sayur Torbangun di kalangan masyarakat Batak sudah berjalan sejak ratusan tahun dan terus dipraktikkan oleh masyarakat Batak di mana pun mereka berada. Namun demikian, hingga penelitian tersebut dilakukan pada 2001, Rizal belum menemukan dokumen ilmiah atau hasil penelitian secara komprehensif yang menjelaskan dan membuktikan tentang khasiat laktagogum tanaman Torbangun.

    "Pemanfaatan tanaman Coleus atau Torbangun ini sangat bervariasi. Selain sebagai tanaman hias, Coleus banyak dimanfaatkan untuk tujuan kesehatan dan pengobatan, antara lain untuk mengobati penyakit asma, batuk, sariawan, maupun untuk mengobati racun akibat gigitan ular," tutup Rizal. 

    okezone
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Comment:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Daun Torbangun, Cara Tingkatkan Produksi Air Susu Ibu (ASI) Tradisi Masyarakat Batak Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top