• Latest News

    Festival Danau Toba Akan Digilir di 7 Kabupaten

     Festival Danau Toba yang diadakan September lalu di Kabupaten Samosir, jadi event wisata yang menarik wisatawan. Rencananya tahun depan, festival ini akan diselenggarakan di lokasi lainnya.

    "Selama lima tahun ke depan, kami akan menggilir ke semua kabupaten. Jadi tak hanya di Parapat saja," kata staf Direktorat Perancangan Destinasi dan Investasi Pariwisata Kemenparekraf, Andhy MT Marpaung .

    Khusus tahun 2014, Fetival Danau Toba akan dilaksanakan di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Di sini, kata dia, ada banyak destinasi yang belum dieksplorasi oleh para wisatawan.

    Menurutnya, Danau Toba bisa dilihat dari segala sisi. Bisa dari ibukota Kabupaten Toba Samosir yakni Balige. Serta dari 6 kabupaten lainnya yaitu Samosir, Karo, Tapanuli Utara, Simalungun, Humbahas dan Dairi

    "Bandara Silangit juga sudah siap dibuka untuk umum. Wings Air baru masuk beberapa bulan lalu bisa menambah kapasitas penumpang lebih banyak dari Susi Air," katanya.

    Tahun depan, dari Dinas Pekerjaan Umum pemerintah setempat akan memperbaiki jalan raya menuju Balige. Ketika detikTravel melewati jalan raya, sepanjang jalanannya masih rusak dan banyak lubang.

    Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba Samosir Ultri Simangunsong mengatakan destinasi Balige di Toba Samosir juga sangat indah. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahuinya.

    "Kami percaya kita bisa mengajak para wisatawan agar menikmati Balige. Dulu kalau mereka ke Samosir hanya lewat, sekarang akan stay lebih lama," ujarnya.

    Dengan adanya program Destination Management Organization (DMO) dari Kemenparekraf, Ultri mengatakan wilayahnya sudah berkembang jauh lebih baik. Mereka telah belajar dari kekurangan dalam pengelolaan destinasi di masa lalu.

    "Kami belajar apa saja yang menjadi kekurangan kami. Kita sangat antusias, dan berharap bisa mengedukasi. Kami mau memajukan wisata Toba Samosir jadi jembatan wisata Danau Toba," kata Ultri.

    detik.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Comment:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Festival Danau Toba Akan Digilir di 7 Kabupaten Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top