• Latest News

    Uniknya Pulau Mursala di Tapanuli Tengah

    Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh anda lewatkan di Sumatera Utara yakni Pulau Mursala, Pulau yang terletak di Tapanuli tengah ini hanya memakan waktu kurang lebih 1,5 jam menggunakan kapal cepat dari Pandan atau Sibolga.Luas Pulau Mursala sekitar 8.000 ha,Pulau ini dihuni sekitar 60-an KK, dan dikitari belasan pulau-pulau kecil yang kebanyakan tidak berpenghuni. 

    Salah satu Keunikan Pulau Mursala yakni Air terjun Pulau Mursala yang terkenal sebagai salah satu dari sedikit air terjun di dunia yang langsung terjun ke laut. Beberapa di antaranya adalah Kilt Rock Waterfall di Skotlandia, Falls Sounds Milford di Fjords Selandia Baru, dan Jeongbang di Pulau Jeju, Korea Selatan.Air terjun Pulau Mursala memiliki ketinggian lebih kurang 35 meter yang langsung jatuh dari tebing pulau ke permukaan laut. Air terjun ini berada pada bagian pulau yang menghadap langsung ke Samudra Hindia.Air mengalir pada batuan granit kemerah-merahan di tebing pulau, lalu tercurah dalam volume yang besar ke permukaan laut dengan bunyi berdebum-debum. Volume air terjun akan lebih besar lagi pada musim penghujan. Untuk Anda yang hanya ingin merekam keindahan air terjun itu, Anda bisa menyaksikannya dengan menyewa kapal.

    Tak hanya itu, tepat di bawah Air Terjun ini terdapat banyak sekali jenis biota laut yang kealamiannya masih terjaga. Biota laut yang terdapat di kawasan ini adalah ragam jenis ikan hias dalam berbagai warna dan terumbu karang. Bahkan terumbu karang yang terdapat di kawasan ini pun merupakan terumbu karang yang jenisnya paling langka di dunia bernama Coral Reef, dan jumlahnya masih cukup banyak di kawasan ini.

    Perairan Pulau Mursala memiliki kualitas perairan yang masih terjaga dengan baik maka perairan di sekitar Pulau Mursala telah digunakan sebagai kawasan konservasi berbagai jenis terumbu karang langka termasuk terumbu karang jenis Coral Reef. Kawasan konservasi tersebut dikelola oleh sebuah lembaga yang bernama Coral Reef Rehabilitation and Management Program (COREMAP), sehingga apabila Anda ingin melihat pesona dari terumbu karang tersebut Anda dapat melakukan kegiatan diving di sekitar pulau ini. Menarik bukan ?

    Uniknya lagi para pembuat film Hollywood pernah menggunakan lokasi Pulau Mursala sebagai lokasi syuting, salah satunya film King Kong (2005). Film ini mengambil lokasi di Pulau Mursala,  yang menggambarkan pulau ini sebagai tempat mengerikan yang penuh hewan-hewan purba. Film yang di bintangi oleh Adrien Brody, Naomi Watts, dan Jack Black, Indonesia digambarkan sebagai suatu negeri antah berantah yang primitif dan terbelakang, yang jauh berada nun jauh di sana, yang dihuni oleh binatang langka berjuluk King Kong dan penduduk pribumi yang sangat barbar, di Pulau Tengkorak (Skull Island), yang dikisahkan di sebelah barat Sumatera. Kapalnya juga bernama “Soerabaja”, tertulis di buritan kapal.

    Selain Film Holliywood, slah satu Rumah Produksi Film Indonesi juga telah pernah menggunakan Lokasi Pulau mursala sebagai tempat syuting. Film Tersebut tak lain Berjudul Mursala

    Pulau Mursala memiliki Perairan dangkal dengan Terumbu Karang dan aneka jenis Ikan termasuk ikan hias disekitar Pulau Jambe. Teluk Labuan Hunik yang cocok untuk kegiatan menyelam dan snorkeling. Di pulau ini juga terdapat:
    -Batu Garuda atau batu yang menjorok berbentuk burung pada ketinggian ± 70 m diatas permukaan laut di pantai curam Pulau Silabu Na Menek
    -Bonsai Pinang Merah alam diatas bebatuab curam sekitar Pulau Silabu Na Menek
    -Gugusan komposisi batu curam di sekitar Pulau Silabu-labu Na Godang
    -Laguna dengan hamparan pantai pasir putih yang menyatu antara Pulau Silabulabu Na Godang dengan Pulau Kalimantung Na Menek.
    -Hamparan pantai pasir putih di Pulau Puti (Pulau Putih) yang kesemuanya ini sangat berdekatan dengan Pulau Mursala.

    BerbagaiSumbe
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Comment:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Uniknya Pulau Mursala di Tapanuli Tengah Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top