• Latest News

    Merdi Sihombing Ciptakan Warna Alami "Toba Blue"

    SETELAH melakukan perjalanan selama 10 tahun dalam memelajari tenun hingga ke pelosok Indonesia, Merdi Sihombing menggunakan kembali pewarna alam yang sudah ditinggalkan. Dari tanaman indigo, fesyen dan tekstil desainer ini menciptakan warna biru yang diberinya nama "Toba Blue".

    “Dulunya, suku Baduy menggunakan warna biru yang berasal dari tanaman indigo untuk membuat warna pada kain mereka sendiri, namun sekarang sudah menghilang,” kata Merdi Sihombing setelah peluncuran buku pertamanya ‘perjalanan tenun’ di alun-alun Grand Indonesia, Jakarta, Selasa 12 Agustus 2014. 

    Tanaman indigo yang tumbuh di sekitar Danau Toba, Merdi telah membuat teknik khusus dalam menciptakan pewarna alami untuk kain yang berwarna biru. Ia pun membuat sendiri perkebunan indigo sebagai bentuk pelestarian terhadap pewarnaan kain yang menggunakan bahan-bahan alami.

    Dengan menggunakan indigo, pria berdarah Batak ini melakukan teknik dye secara manual. Melalui proses permentasi, warna yang dihasilkan adalah hijau kekuningan. Setelah itu, dengan proses pencelupan warna tersebut berubah menjadi biru hanya dengan bantuan oksigen

    “Toba Blue akan menjadi tren warna internasional,” pungkas Merdi Sihombing dengan mantap. 

    okezone
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Comment:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Merdi Sihombing Ciptakan Warna Alami "Toba Blue" Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top