• Latest News

    Danau Toba Resmi Menjadi Kawasan Geopark (Taman Bumi)

    Disamping meresmikan bandara Kualanamu Kamis lalu (27/03/2014) Presiden SBY juga mengukuhkan Danau Toba menjadi Geopark Caldera Toba.

    Oki Oktariadi, penyidik geologi dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan, pengukuhan Danau Toba menjadi Geopark Caldera Toba harus dilakukan agar bisa segera diajukan ke UNESCO untuk ditetapkan menjadi Geopark Global Network (GGN) Caldera Toba.

    "Geopark (taman bumi) Danau Toba itu punya keunikan geologi tersendiri. Pengukuhan ini sebagai penguatan untuk diajukan ke UNESCO karena secara nasional sebenarnya sudah ditandatangani,” katanya.

    Ia mengatakn sudah banyak geopark ditetapkan UNESCO, namun di Indonesia saat ini baru Danau Batur, Bali, yang ditetapkan sebagai GGN. "Kami optimistis Caldera Toba akan ditetapkan sebagai GGN. Target kami pada 2015 UNESCO sudah mengeluarkan keputusannya,” ujarnya.

    Dengan menjadi geopark dunia, Caldera Toba akan memiliki fungsi edukasi dan pengembangan masyarakat. Kondisi Danau Toba memang harus ditingkatkan menjadi lebih baik lagi. Dengan menjadi GGN, akan ada perbaikan karena menjadi milik dunia.

    republika online
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 Comment:

    1. Kami Pengurus Daerah Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (PD-IALI) Prop. Sumatera Utara mendukung sepenuhnya Program Geopark Caldera Toba masuk menjadi Geopark Network Global Unesco. (From Erwin Pangaribuan, Sekretaris Umum PD-IALI Prop. Sumatera Utara)

      BalasHapus

    Item Reviewed: Danau Toba Resmi Menjadi Kawasan Geopark (Taman Bumi) Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top