• Latest News

    “Tarabunga” Objek Wisata Potensial di Toba Samosir

    Kawasan pinggir pantai Danau Toba di Tarabunga, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, dinilai cukup potensial menjadi objek tujuan wisata, sebab keindahan alam yang dimilikinya sangat mempesona.

    “Instansi terkait perlu memperhitungkan potensi yang dimiliki daerah tersebut untuk dikembangkan menjadi sebuah desa wisata,” kata Anggota DPRD Toba Samosir (Tobasa), Sakkan Siahaan di Tarabunga, Sabtu.

    Menurut dia, objek wisata Tarabunga sangat pantas dikembangkan sebagai tempat rekreasi keluarga maupun desa wisata, karena panorama alam di sekitarnya mampu menarik minat pengunjung, terbukti dengan banyaknya orang yang berdarmawisata pada setiap hari libur di akhir pekan.

    Politisi partai Demokrat itu menyebutkan, jika industri pariwisata terkelola secara maksimal, sektor tersebut dapat menaikkan pendapatan masyarakat, dan kontribusinya bisa diandalkan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

    Dinas pariwisata setempat, kata dia, perlu membenahi tempat-tempat yang menjadi objek wisata secara lebih maksimal lagi, termasuk meningkatkan promosi wisata melalui penyebar luasan informasi dengan memanfaatkan berbagai media.

    Dengan dukungan berbagai sarana dan prasarana serta fasilitas yang memiliki standar objek wisata memadai, lanjutnya, kunjungan wisatawan tentu akan semakin meningkat dan berdampak terhadap bertambahnya penghasilan masyarakat sekitarnya.

    “Instansi terkait perlu menciptakan terobosan-terobosan baru dalam memajukan industri pariwisata di Kabupaten Tobasa,” kata Sakkan.

    Sementara itu, Kepala Disbudpar Tobasa, Ultri Sonlahir Simangunsong menyebutkan, guna penyebar luasan informasi dan potensi pariwisata di daerah tersebut, pihaknya telah menyediakannya dalam bentuk website yang bisa diakses dari seluruh penjuru dunia.

    Segala informasi tentang kepariwisataan di Tobasa, kata dia, telah disajikan dan bisa dicari melalui teknologi jaringan internet, sehingga para wisatawan lebih dimudahkan dalam menentukan tujuan objek wisata yang akan dipilih.

    Menurutnya, ada sejumlah 15 Destinasi Management Organitation (DMO) yang telah terbentuk di Indonesia, dan Kabupaten Tobasa termasuk salah satu di antara cakupan wilayah tersebut, yang disebut sebagai DMO Toba dan sekitarnya.

    DMO Toba, lanjutnya, merupakan satu di antara 29 lokasi daya tarik wisata di Indonesia yang menjadi fokus promosi Kemenparekraf dalam rangka memacu pertumbuhan jumlah wisatawan serta mendorong agar destinasi maupun ekonomi industri kreatif lokal dapat mendunia.

    Ditambahkannya, jika potensi pariwisata telah tergali secara maksimal di Kabupaten yang terletak di bagian tengah provinsi Sumatera Utara itu, kunjungan wisatawan akan semakin meningkat, dan tentunya memberikan manfaat bagi perkenomian masyarakat lokal dengan dampak yang nyata.

    antarasumut | Foto by : docBudie
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Comment:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: “Tarabunga” Objek Wisata Potensial di Toba Samosir Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top