• Latest News

    Festival Danau Toba 2014 diadakan 17 - 21 September di Tobasa

    Festival Danau Toba (FDT) atau dulu lebih dikenal dengan Pesta Danau Toba akan kembali digelar pada tahun 2014. Tahun ini Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) ditunjuk sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraanya. Jadwal Penlenggaraan Festival Danau Toba 2014 yaitu pada 17 sampai 21 September 2014. Ini sesuai dengan Rapat yang baru baru ini diadakan Oleh Panitia (Pihak Tuan Rumah) dengan Pihak Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang saat itu dihadiri oleh Sapta Nirwandar (Wamen Parekraf) 

    Menjelang pelaksanaannya, Tobasa sebagai tuan rumah  terus berbenah untuk mensukseskan even tahunan yang telah menjadi agenda nasional tersebut.

    "Secara maksimal kita mempersiapkan FDT 2014, dengan harapan akan menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata dan menggerakkan ekonomi di Tobasa", ujar Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak, di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta (12/5).

    Even FDT kali ini lebih mengetengahkan pada sisi Culture Tourism/ Wisata Budaya dan Sport Tourism/ Wisata Olah Raga. Selama 5 (lima) hari penyelengaraannya, jenis Sports Tourism, yang akan diperlombakan  yakni  paralayang,  solu bolon,   arung jeram, Lake Toba Drum Festival dan World Super Swim yakni lomba renang berskala internasional.

    Dalam World Super Swim, akan ditampilkan lomba renang yang direncanakan melintasi beberapa kabupaten di kawasan Danau Toba dan akan diikuti perenang dunia dan nasional.

    Untuk kegiatan budaya, akan ditampilkan pameran parekraf, seminar pariwisata, fashion show, pertunjukan budaya, dan lomba menyanyi paduan suara dan solo. Pihaknya berupaya menampilkam keunikan budaya dan kearifan lokal. Dicontohkan, Lake Toba Drum Festival dilakukan, dilatarbelakangi adanya keunikan, mengingat hasil penelitian, hanya 4 (empat) negara yang memiliki melody drum.

    Dukungan juga diperoleh dari kabupaten tetangga dan TB Centre yang akan menggelar pra FDT untuk membantu promosi dan menyemarakkan FDT. Kegiatan tradisional seperti lomba solu bolon hias, lomba marhonong, lomba martumba, lomba baca tulis aksara Batak, maminta gondang, mangandung dan lainnya direncanakan akan digelar selama pra FDT. 

    Berbagai Sumber : 
    Harian SIb
    Foto :  Sumut Pos
    Oldig : @MargaPurba
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    2 Comment:

    1. Thanks infonya :)
      Indah bangat Danau Toba..
      Kalau agan ingin melihat Danau Toba dengan foto virtual. Bisa lihat di sini:

      http://indonesiavirtual.com/index.php?option=com_jumi&fileid=11&Itemid=109&id_img=633

      Salam Kenal.

      BalasHapus
    2. Semoga Festival Danau Toba 2014 ini sukses!
      Meskipun demikian, kita tetap perlu melihatnya dengan kritis mengenai efisiensi dan efektivitas daripada acara ini dengan membandingkannya dengan hasil yang dicapai. Kalau di dalam perusahaan, maka biaya marketing akan diperbandingkan dengan total penjualan, karena biaya marketing dikeluarkan untuk menghasilkan penjualan. Demikian juga dengan FDT ini perlu melihatnya dengan memperbandingkan biaya pengadaan FDT dengan hasilnya berupa peningkatan dalam pengunjung wisata Danau Toba. Kalau ternyata masih rendah, maka masih perlu ditata sedemikian rupa acara tersebut biar lebih menggigit. Kita melihat bagaimana Pemprov. Sumbar memasarkan Danau Singkarak dan salah satu acaranya yang terkenal ialah Tour de Singkarak. Nah, rasanya kita perlu membuat juga terobosan baru, agar acaranya lebih berhasil mempromosikan Danau Toba ... Tabe

      BalasHapus

    Item Reviewed: Festival Danau Toba 2014 diadakan 17 - 21 September di Tobasa Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top