• Latest News

    Tips Membuat Curriculum Vitae (CV) bagi Pelamar Kerja tanpa Pengalaman Kerja

    Membuat curriculum vitae (CV) bisa menjadi sebuah tantangan bagi para lulusan baru. Apalagi jika tidak memiliki pengalaman kerja. 

    Jangan khawatir, ada cara kok untuk mengatasi masalah ini. Tentu saja, Anda mungkin tidak memiliki pengalaman kerja karena baru lulus, tapi Anda bisa jadi memiliki beberapa pengalaman magang atau praktik kerja lapangan (PKL). Selain itu, bisa jadi Anda memiliki keterampilan tambahan di kampus.

    Berikut beberapa cara untuk membuat CV menonjol, seperti dilansir College Cures, Sabtu (8/2/2014):

    1. Keterampilan

    Jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja, tempatkan keterampilan Anda pada bagian atas CV. Perusahaan paling tertarik pada apa yang dapat Anda lakukan untuk perusahaan dan apakah keterampilan Anda sesuai dengan job desk pekerjaannya. Anda bisa menghubungkan kedua hal ini kembali ke latar belakang pendidikan dan apa yang telah Anda pelajari sejauh ini.

    2. Tambahkan Portofolio atau Link Blog

    Pihak perusahaan ingin mengenal pelamar sebelum mempekerjakannya. Portofolio adalah cara yang bagus untuk memamerkan karya sambil menunjukkan sedikit kepribadian. Blog juga merupakan kesempatan untuk membantu pihak perusahaan mengenal Anda. 

    3. Sertakan Pengalaman Kerja Sukarela

    Pengalaman kerja sebagai sukarelawan tampak hebat di CV. Jika Anda memiliki pengalaman ini, jangan lupa untuk memasukkannya. Jika Anda tidak memiliki pengalaman sebagai relawan, sekarang mungkin waktunya untuk mulai menjadi relawan dan membantu membangun CV Anda.

    4. Tambahkan Penghargaan atau Prestasi

    Karena Anda baru lulus kuliah, Anda dapat menambahkan penghargaan atau prestasi dari kampus. Tentu saja, ini menambah nilai plus pada surat lamaran kerja dan menunjukkan Anda seorang pekerja keras. (rfa) 

    okezone
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Comment:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tips Membuat Curriculum Vitae (CV) bagi Pelamar Kerja tanpa Pengalaman Kerja Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top