• Latest News

    Kabupaten Tobasa Tuan Rumah Festival Danau Toba 2014


    Kabupaten Toba Samosir atau biasa disebut Tobasa ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Danau Toba 2014.

    Bupati Tobasa Parmin Pandapotan Simanjuntak di Samosir, Jumat (13/9), mengatakan, sebenarnya pihaknya belum siap untuk menggelar kegiatan yang melibatkan Suku Batak dari lima puak atau kategori itu.

    "Sebenarnya kami belum sanggup. Tapi karena mendapatkan dukungan dari sesepuh masyarakat Batak TB Silalahi akhirnya kami menerima penunjukan itu," katanya usai bertemu Wamenparkekraf Sapta Nirwandar di Festival Danau Toba 2013 di Samosir.

    Menurut dia, dengan adanya penunjukan ini pihaknya langsung bergerak cepat untuk mempersiapkan festival termasuk melakukan koordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga. 

    Bahkan, kata dia, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo akan mengucurkan dana yang cukup besar yaitu sekitar Rp20 miliar. Dana ini salah satunya untuk membangun infrastruktur untuk sarana dan prasarana olahraga. 

    "Kami akan bangun tribun di Lapangan Sisingamangaraja. Ada dua tribun yang akan kami bangun. Untuk dana lainnya akan dicarikan dari sponsor," katanya menambahkan.

    Selain menyiapkan tim, pihaknya juga telah mempersiapkan waktu pelaksanaan Festival Danau Toba 2014 yaitu medio Juni hingga Juli. Hal ini dilakukan bertepatan dengan hasil libur sekolah yang salah satu tujuannya untuk mendorong hadirnya masyarakat pada festival tersebut. "Itulah waktu yang tepat. Yang jelas tidak bersamaan dengan bulan puasa," kata orang nomor satu di Kabupaten Tobasa itu.

    Ditanya apa yang akan diandalkan pada Festival Danau Toba 2014, Parmin Pandapotan Simanjuntak mengaku akan mengandalkan ulos sebagai ikon. Rencananya pihaknya akan membuat ulos terpanjang. Hanya saja untuk ukuran detailnya masih dalam pengkajian.

    Untuk kegiatan olahraga, kata dia, di Kabupaten Tobasa akan mengandalkan arung jeram menyusuri sungai Asahan. Bahkan saat ini mulai dikenal hingga tingkat internasional.

    "Sudah banyak turis yang mencoba arung jeram di Asahan. Makanya, lokasi ini akan kami andalkan di festival nanti," katanya menegaskan.

    Sementara itu untuk akomodasi telah dibangun beberapa hotel yang nantinya dipersiapkan untuk menyambut tamu lokal maupun asing. Selain itu juga akan terus memperbaiki infrastruktur lainnya seperti jalan. 

    metrotv news
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Comment:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kabupaten Tobasa Tuan Rumah Festival Danau Toba 2014 Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top