• Latest News

    Tips Memilih Rumah Kost, Kontrakan Untuk Mahasiswa Baru

    Bagi mahasiswa (baru) yang berasal dari luar daerah / mahasiswa rantau tentunya membutuhkan tempat tinggal di daerah kampus yang ia pilih. Memilih tempat tinggal yang nyaman dan aman akan mempengaruhi kegiatan perkuliahan yang akan kalian hadapi nantinya. Coba bayangkan apabila kalian tinggal dalam sebuah rumah kost/kontrakan yang memiliki masalah dengan isntalasi air/listrik .tak terbaangkan waktu kalian akan terganggu untuk urusan mandi, mati listrik. Ya paling tidak setiap pagi kalian harus berebut antrian untuk mandi, jika telat ? 1 mata kuliah Lewat karena terlambat.

    Untuk itu kita harus bijak ketika akan menjatuhkan pilihan pada sebuah rumah kost/ tempat tinggal .Ada hal hal yang sangat penting untuk kita perhatiakan sebelum memilih sebuah trumah kos diantara lain kami rangkum sebagai sebagai berikut.

    1. Lokasi
    Sebisa mungkin pilihlah Rumah kost yang memang berada dekat dengan  Kampus mu. Hal ini akan akan menghemat pengeluaran mu. Item Biaya Transport tentunya akan hilang dari daftar pengeluaran. Setiap hari kalian cukup berjalan kaki ke kampus. Selain Hemat juga Sehat.

    2. Lingkungan
    Kondisi lingkungan sekitar kost bisa saja mempengaruhi diri kalian. Walau mungkin masih baru di daerah tersebut tentunya kalian bisa mencari tau dengan hanya melihat kehidupan lingkungan sekitar, atau bahkan bertanya kepada senior senior karna tentunya semua lokasi di sekitar lingkungan kampus pastinya sudah diketahui oleh mahasiswa yang lebih dulu berada di kampus mu. Pilihkah lingkungan yang bersih, bebas dari preman :p dan Suasana masyarakat yang ramah. Dan pastikan kalau lingkugan ksot tersebut bebas banjir Satu lagi kalau bisa di dekat Kost yang akan kalian pilih terdapat warung/warung kopi / warung tegal. Karna kalian pasti akan merasakan bagaimana pedihnya ahir bulan. Dengan adanya warung (tentunya kalian harus PDKT dulu dengan sang penjual) 60 Persen kondisi akhir bulan kalian bisa teratasi :p

    3. Fasilitas
    Fasilitas akan mempengaruhi harga sebuah kost, disamping juga lokasi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. kalau kalain memang memiliki budget yang mumpuni ya tinggal bebas milih saja. mau pake AC, Bathup DoubleBed, Wifi atau apalah. Namun sebenarnya fasilitas terpenting yang harus kalian pastikan yaitu 
    • Air ,  Kalian harus pastikan apakah isntalasi air di kost yang akan kalian pilih dalam kondisi yang sangat baik, beberapa kost menyediakan kamar mandi di dalam kamar, dan biasanya harganya lebih mahal, semua tergantung budget kalian.Kalau pun harus memilih kamar mandi bersama , setidaknya kondisi kamar mandinya memang layak pakai, dan tersedia minimal 2/3 kamar mandi. Agar setiap hari hidup kalian tidak selalu antri dan mengantri.
    • Listrik, Untuk Masalah listrik ada baiknya pilih Kost yang sistem Full Paket , artinya bebas pemakaian, soalnya ada beberapa kost juga yang menentukan tarif listrik sesuai alat elektronik yang kalian akan pakai nantinya. Dan satu hal yang penting,  kalau bisa yang ngehandle masalah pembayaran adalah pemilik kost. karena kalau diurus langsung oleh para penghuni kost, kemungkinan untuk telat bayar akan lebih besar :p. apalagi kalian tinggal dengan mahkluk mahklus yang apatis :p
    • Kebersihan, ini khusunya untuk kost yang dihuni para pria , sikap cuek akan kebersihan sangat besar. nah. akan lebih baik jika kost yang akan pilih termasuk dengan uang kebersihan, nantinya akan ada yang selalu membersihan lingkungan kost. memang biasaanya akan dikenakan biaya tambahan, tapi tak apa apa yang penting akan tinggal di linggkungan yang terjamin kebersihanna
    • Tempat Tidur. Lemari, Meja. Sebagian rumah kost memang telah menyediakan fasilitas di dalam kamar, yang kalau disediakan dan harga tidak ngaruh ya syukur. tapi sebagai saran untuk tetap membeli satu kasur tambahan. sebagai jaga jaga ketika ada teman teman yang akan berkunjung dan ingin menginanp di kost kalian. Hal ini nantinya akan sering terjadi, apalagi kalian tipikal orang yang senang bergaul.
    • Parkir, bagi kalain yang memang sudah memiliki kendaraan , ada baiknya memilih kost yang memiliki pintu gerbang , demi keamaan kendaraan kalian, dan satu hal yang harus kalian ingat , Kunci atau bila perlu Gembok kendaraan (motor) atau aktifkan alarm (mobil) ketika sedang diparkir, karena banyak kasus sekarang para Curanmor mengincar kost kosan para mahasiswa, jadi kalian jagan sampai lengah.
    4. Lain-lain
    Fasilitas lain yang mungkin harus kalian perhatikan yaitu jaringan internet di kost tersebut. karena dengan demikian kalian akan lebih mudah dalam mengerjakan tugas tugas kampus ketika membutuhkan referensi dari internet, Namun jika belum ada jaringan insternet, minimal rumah kost yang kalian akan pilih telah memiliki telepon rumah , sehingga apabila akan mengurus sendiri bersama dengan penghuni kost lainya akan lebih mudah. 

    Jika memang tidak memungkinkan membuat jaringan internet di kostan tersebut, pastikan Kostan tersebut tercover oleh Signal, Karena dibeberapa kasus , ada kost yang susah dijangkau oleh sinyal telepon. Jika telah tercover dengan sinyal sebagai pilihan kalian bisa menggunakan modem internet. Hal ini bisa menjadi salah satu perhatian kalian ketika memilih kost.

     Ketika akan meilih Rumah kost r, ada baiknya memililih rumah kost yang dikhususnya satu gender saja. ya tentunya untuk menghindari hal hal yang diinginkan :)))

    Sebenarnya memilih Kost atau Mengontrak Rumah hampir sama saja. Tapi kalau disuruh memilih memang lebih enak mengontrak satu rumah dengan beberapa teman - teman yang tentunya kita kenal. Suasana akan lebih nyaman dan "feel at Home" Jika ada beberapa teman yang memang mau, mengontrak sebuah rumah bisa lebih murah dibandingan harus menyewa satu kamar kost. Tapi semua tergantung pilihan kalian, Intinya pilih lah tempat tinggal yang menurut kalian akan membuat kalian nyaman dan bisa mendukung kegiatan perkuliahan kalian. Beberapa tips diatas hanya sebaga saran dan pertimbangan buat teman teman ketika akan memilih kost. Barangkali teman teman memiliki tips tambahan dalam memilih rumah kost/ kontrakan yang baik, silahkan menambahkan di kotak komentar.

    Semoga bermanfaat

    Penulis dan Editor : @MargaPurba
    mahasiswabatak.com @2014

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Comment:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tips Memilih Rumah Kost, Kontrakan Untuk Mahasiswa Baru Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top