• Latest News

    Tips Begadang Sehat

    Bagi beberapa Mahasiswa, begadang merupakan salah satu aktifitas yang mungkin juga menjadi rutinitas, terlebih bagi mereka yang sedang dikejar-kejar deadline tugas atau pekerjaan lainnya. seperti lirik dari sang Raja dangdut, Begadang boleh saja, asal ada gunanya, Terkadang banyak juga yang begadang tanpa tujuan yang tak jelas, seslalu setia menenami malam hingga dini hari. Terlepas dari motivasi seseorang ketika begadang, aktifitas ini jika dilakukan terus menerus tanpa adanya perlakuan khusus dan tindakan menjaga kesehatan tentunya bisa berakibat tidak baik bagi kesehatan.

    Kebiasaan begadang biasanya dibarengi dengan pola makan yang tidak sehat, entah itu ngemil makanan ringan, makan-makanan cepat saji (mie Instant), merokok sambil begadang (bagi mereka perokok). Bisa kita bayangkan bagaimana tersiksanya tubuh kita ketika terus dipaksa bekerja tanpa istirahat yang cukup, juga tidak dibarengi dengan asupan makanan yang bernutrisi malah diberikan makanan yang mampu  merusak metabolisme tubuh apabila dikonsumsi secara terus menerus.

    Menurut dr. Djoko Santoso, M.Kes, DAHK (dosen FK-Universitas Brawijaya), Kondisi umum orang begadang adalah kurang tidur, kelelahan, tegang/stres serta lapar dan haus. Bagi sebagian besar kaum adam, begadang biasanya disertai kebiasaan merokok dan minum kopi, Padahal, menurutnya keduanya mengandung radikal bebas dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Pada rokok misalnya, terkandung 4000 atau lebih komponen membahayakan pada asapnya seperti nikotin, tar, fenol, asam asetat, dll. "Jika berlebihan dan berlarut-larut, radikal bebas ini akan menjadi ganas dan merusak seluruh sel tubuh manusia", 

    Menurut beberapa penelitian, kopi dapat mencegah kardiovaskuler serta menghambat pembentukan mutagenik. Kandungan asam klorogenik-nya juga dapat menurunkan hipertensi dan meningkatkan fungsi endotel secara spontan."Tapi jika kebanyakan, kopi dapat menyebabkan kondisi caffeinism yang meliputi rasa gugup, iritabilitas, cemas, hiperrefleksi otot, insomnia, rasa gembira, kemerahan pada wajah, palpitasi jantung, peningkatan urine, gangguan gastrointestinal serta peningkatan asam lambung",


    Jika memang harus begadang, sebainya kita mempersiapkan tubuh kita dulu, sehingga ketahanan Tubuh kita tetap terjaga, berikut ini Tips begadang yang sehat yang bisa teman teman praktekkan. 

    • Persiapkan Diri dan Stamina
    Menurut beberapa Penelitian, Tidur yang baik dan sehat itu yaitu berkisar 7-8 Jam. Namun karena kesibukan yang padat hal ini sering terabaikan. Tentunya Begadang merupkan satu aktifitas yang mengurangi jam Tidur tersebut. Ada baiknya sebelum kita begadang , pada siang harinya kita meyediakan waktu beberapa jam untuk beristirahat/tidur, mungkin Tidur siang ketika ada waktu luang adalah menjadi solusinya. Untuk menjaga stamina, hindari aktifitas yang menguras energimu berlebihan, pola makan yang teratur juga dapat menjaga stamina tetap terjaga
    • Berolahraga dan Bergerak
    Masih terkait menjaga stamina tubuh, ada baiknya sebelum begadang kita olahraga, agar otot-otot tubuh tetap terbiasa bekerja, tak perlu melakukan olah-raga yang berat berat, dengan berjalan / berlari kecil 20-30 menit setiap paginya, sudah sangat berarti. Ketika beraktifitas. kuliah/kerja usahakan untuk tetap melakukan gerakan, seperti naik turun tangga tangga kantor/kampus, ya tentunya untuk jarak yang tidak terlalu jauh juga . hal ini akan membiasakan otot dan tubuh kita terbiasa bekerja, tidak bermalasan. Ketika saat Begadangpun sesekali kita harus rehat sebentar mungkin untuk sekedar stretching badan, ketika sudah berjam-jam duduk, berfikir fokus ke aktifitas.
    • Konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin C
    Vitamin C yang banyak terkandung dalam buah dan sayuran sangat baik dikonsumsi oleh tubuh, apalagi bagi anda yang suka begadang jangan sampai lupa mengkonsumsi vitamin C. Buah dan sayuran yang mengandung vitamin C adalah mangga, jeruk, pepaya, stroberi, brokoli, kembang kol, kubis, dan masih banyak lagi. Konsumsi vitamin C harus dilakukan setiap hari, karena tubuh manusia tidak bisa menyimpan vitamin C. Vitamin C sangat bermanfaat bagi anda yang sering begadang, karena sebagai antioksidan vitamin C dapat melindungi anda dari segala penyakit. Dengan demikian, konsumsi vitamin C wajib dilakukan setiap hari agar kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. Selain dengan buah dan sayuran anda juga bisa minum suplemen yang mengandung vitamin C.

    ketika diserang lapar ketika begadang kita juga harus tetap menjaga makanan yang kita konsumsi, jika memang mengkonsumsi makanan cepat saji, pastikan untuk memasaknya dengan benar 
    • Minum air putih yang cukup
    Air putih sangat baik bagi kesehatan manusia, terutama bagi kinerja ginjal. Air putih diibaratkan sebagai pencuci ginjal kita. Oleh karena itu dokter kesehatan menyarankan untuk selalu minum air putih setelah bangun tidur. Saat anda begadang, jangan sampai lupa minum air putih secukupnya dan jangan sampai dehidrasi. Ketika begadang memang Kopi menjadi sahabat untuk mengusir kantuk, namun sebaiknya meminum Kopi harus dibarengi dengan asupan air putih yang cukup.
    • Konsumsi Mulitivitamin
    Agar kondisi tubuh tetap terjaga saat begadang, ada baiknya kita juga mengkonsumsi multivitamin, mengkonsumsi Vitamin C dapat menjaga ketahan tubuh kita. Perlu diiingat juga bahwa dalam mengkonsumsi multivitamin harus sesuai dosis yang disarankan, jangan berlebihan dan terus menerus, karna sedikit banayak bisa memberikan dampak tidak baik.

    Layaknya sebuah mesin/Mobil, apabila dipacu terus-menerus tanpa henti, kemungkinan untuk cepat rusak akan lebih tinggi, apalagi perawatannya tidak baik. Demikian juga dengan  Tubuh kita, Bagaimanapun kesibukan aktifitas kita, sangat disarankan untuk tidak terus menerus Begadang, sediakan waktu yang cukup untuk tubuhmu mendapatkan istirahat yang sesuai kebutuhanya. 

    Demikian beberapa Tips agar Begadang teman-teman tetap Sehat, apapun target yang ingin teman-teman capi, deadline yang ingin diselesaikan, Namun Kesehatan Tubuh tetap yang terutama. Kita tak bisa bekerja, belajar dengan maksima jika Tubuh Tidak sehat.

    Selamat Mempraktekkan. Salam Insomers :D 

    (MargaPurba)

    beberapa content diambil dari berbagai sumber, selebihnya merupakan pengamalan pribadi :D
    http://prasetya.ub.ac.id
    http://constiti.blogspot.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Comment:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tips Begadang Sehat Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top