• Latest News

    109.853 Peserta Diterima di SBMPTN 2013

    Pengumuman SBMPTN 2013 via Online sudah bisa diakses hari ini 8 Juli 2013 dimulai sejak pukul 17.00 WIB di website resmi SBMPTN. jadwal ini dimajukan dari jadwal semula yaitu 12 juli. Untuk pengumuman di media cetak secara nasional bisa dilihat pada hari Selasa 9 Juli 2013.

    Peserta SBMPTN 2013 tercatat sebanyak 585.789, dan sebanyak 109.853 peserta dinyatakan lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013.

    Dari keseluruhan jumlah peserta SMBPTN 2013 terbagi dalam tiga bidang yaitu Saintek, Soshum dan Campuran. 
    Pendaftar Saintek berjumlah 220.769 peserta
    Pendaftar Soshum berjumlah 232.613  peserta
    Pendaftar Campuran adalah 132.407 peserta  

    Peserta yang diterima pada bidang Saintek sebanyak 50.559 orang, bidang Soshum sebanyak 59.294 orang.

    Dari jumlah 585.789 pendaftar, sebanyak 529.814 orang diantaranya merupakan pendaftar biasa atau non Bidikmisi. Selebihnya yaitu 55.975 merupakan pendaftar dari jalur Bidikmisi. Sebanyak 96.383 yang diterima berasal dari pendaftar biasa atau non Bidikmisi. Sementara 13.470 lainnya yang diterima adalah pendaftar dari jalur Bidikmisi.

    Peserta dengan nilai tertinggi untuk kelompok Saintek seluruh Indonesia diterima di ITB, Fakultas Teknologi Industri. Sementara peserta dengan nilai tertinggi di Soshum diterima di UI, Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi.

    SBMPTN 2013 diikuti 62 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan pola seleksi masuk PTN melalui jalur ujian tertulis. Pada jalur ini, PTN juga mengalokasikan kuota untuk beasiswa Bidik Misi.

    Undang-Undang (UU) Perguruan Tinggi nomor 12 tahun 2012 pasal 73 disebutkan penerimaan mahasiswa baru PTN untuk setiap program studi dapat dilakukan melalui pola penerimaan mahasiswa secara nasional atau bentuk lain. Bentuk kata lain yangh disepakati adalah dilaksanakan secara bersama-sama atas dasar hasil Ujian Tertulis dengan atau tanpa ujian keterampilan diberi nama SBMPTN.

    Untuk Bidikmisi,  easiswa ini diberikan kepada mereka yang mempunyai potensi akademik mencukupi tetapi tidak mempunyai kemampuan ekonomi yang memadai. Para mahasiswa dari jalur Bidikmisi dibebaskan dari membayar uang kuliah dan diberikan tunjangan hidup.

    Tahun 2013 total 150 ribu mahasiswa  dibiayai melalui Bidik Misi

    Sepuluh PTN penerima beasiswa Bidikmisi terbanyak adalah Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Trunojoyo, Universitas Brawijaya, Universitas Jember, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Andalas dan Universitas Negeri Yogyakarta.

    Sementara sepuluh PTN dengan nilai rataan peserta bidang Saintek tertinggi yang diterima yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret dan Universitas Islam Negeri Jakarta.

    Adapun sepuluh PTN dengan nilai rataan peserta bidang Soshum tertinggi yang diterima adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Jenderal Sudirman, Universitas Sriwijaya, Universitas Sebelas Maret dan Universitas Negeri Yogyakarta.

    Sedangkan hasil seleksi sepuluh provinsi dengan nilai rataan peserta bidang Saintek tertinggi yang diterima adalah DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Selatan, Lampung, Riau, Sumatra Barat dan Bangka Belitung. 

    Hasil seleksi sepuluh provinsi dengan nilai rataan peserta bidang Soshum tertinggi yang diterima dimulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

    Terdapat kenaikan yang cukup signifikan terhadap peminat pada LPTK. Peminat LPTK yang mengikuti SBMPTN 2013 mengalami kenaikan. Jumlah peminat pada 2012 berjumlah 350 ribu orang. Sementara pada 2013 adalah 407 ribu. Untuk jalur SNMPTN, terdapat 126 ribu orang peminat LPTK. Pada 2013 jumlah ini meningkat tajam menjadi 279 ribu.

    metrotv , SBMPTN.or.id
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Comment:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: 109.853 Peserta Diterima di SBMPTN 2013 Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top